Launching Aplikasi SIAP Pak RT

Hari Rabu, 13 Juli 2022 Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil melaksanakan Sosialisasi Administrasi Kependudukan dan Launching Aplikasi Siap PAK RT (Sistem Informasi Administrasi Kependudukan Khusus Pak RT) yang diselenggarakan di Kelurahan Pekuncen. Turut hadir Pak Walikota, Wawalikota, Sekretaris Daerah, Ketua DPR, Asisten II Pemerintahan, Camat dan Lurah se-Kota Pasuruan, serta RT se-Kelurahan Pekuncen.

Aplikasi SIAP Pak RT yang baru saja dilaunching bertujuan untuk mempermudah Pak RT dalam memberikan layanan administrasi kependudukan kepada warganya.

Adapun fitur yang terdapat didalamnya yaitu :
1. Buku Induk Penduduk, sebagai sarana untuk menampilkan data penduduk per semester pada wilayah Pak RT;
2. Laporan Bulanan, sebagai sarana untuk menampilkan data lahir, mati, pindah, dan datang perbulan pada wilayah Pak RT;
3. Laporan Data, sebagai sarana untuk melaporkan data penduduk yang tidak sesuai dengan keadaan di wilayah Pak RT;
4. Pelaporan Non Permanen, sebagai sarana untuk melaporkan data penduduk yang tinggal tidak tetap di wilayah Pak RT;
5. Pelaporan Penduduk Rentan, sebagai sarana untuk melaporkan data penduduk yang sama sekali tidak memiliki dokumen kependudukan; dan
6. Informasi Aplikasi, berisi seputar informasi aplikasi dan informasi kontak

“Berbagai upaya telah dilaksanakan pemerintah Kota Pasuruan dengan memberikan pelayanan yang terbaik kepada seluruh lapisan masyarakat Kota Pasuruan. Hal ini dapat dilihat dan dirasakan langsung oleh masyarakat Kota Pasuruan khususnya Pak RT. Semoga aplikasi ini dapat mempermudah Pak RT dalam melayani pengurusan administrasi kependudukan kepada masyarakat.” ujar Walikota Pasuruan.

Menurut Plt. Kepala Dispendukcapil, Siti Mariyam, menyatakan bahwa sosialisasi seperti ini akan terus dilakukan di 1.200 lebih RT yang tersebar di 4 kecamatan yakni Kecamatan Gadingrejo, Panggungrejo, Purworejo, dan Bugul Kidul.

“Target kita di tahun ini dan tahun depan pak RT di tiga kecamatan sudah bisa menggunakan aplikasi Siap Pak RT, untuk di Kecamatan Purworejo sosialisasi sudah berjalan sejak tahun 2021 kemarin,” kata Siti Mariyam, Rabu (13/7/2022)

About Admin

Check Also

Kegiatan Sosialisasi Pencatatan Perkawinan dan Launching Inovasi Doa Langit

Hari Rabu, 18 Oktober 2023 Dispendukcapil melaksanakan Kegiatan Sosialisasi Pencatatan Perkawinan dan Launching Inovasi Doa …